[Coretan Dicta] BLOG SAYA SUDAH AMAN! KEMBALILAH BERKUNJUNG!

Jadi singkat saja, kemarin malam, setelah aku tepar karena harus beres-beres misa syukur yang diadakan di rumahku. Aku langsung cek blog ini karena motoku adalah ‘tidak ada hari tanpa ngecek blog meskipun lagi hiatus’. Namun, saat aku mencoba mengakses blog-ku yang ter-cintah  ini, tiba-tiba sebuah laman muncul dengan kata-kata yang bikin perasaanku cetar-membahana-ulala-badai-catharina.

“URL ini telah dicekal karena berkemungkinan mengunduh perangkat lunak berbahaya tanpa sepengetahuan Anda, tapi jika… bla… bla… bla…”

WHAT THE F*** IS THIS!?

Untuk beberapa detik aku hanya bisa tercengang dengan mata melebar. Hingga akhirnya kututup tab Google Chrome-ku dan kembali membuka blog-ku di tab  baru; berharap kalau peralihan laman itu hanya sebuah ilusi. Tapi ternyata, laman itu masih saya muncul! Membuatku semakin frustasi dan tak tahu harus berbuat apa.

Dengan perasaan frustasi seperti itu, akhirnya aku mencoba untuk mempelajari sedikit hal apa yang menyebabkan blog-ku  bisa sampai seperti itu. Ternyata ada sebuah web yang entah bagaimana caranya mampu menginfeksi blog-ku dengan virus sehingga berkemungkinan mengunduh perangkat lunak berbahaya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer. Menyadari hal itu, dari frustasi aku langsung menjadi panik. Bagaimana cara memperbaikinya?!

Pertama, yang aku lakukan adalah menghapus semua komentar yang tersangkut di-spam, karena satu-satunya kemungkinan virus itu datang adalah dari komentar-komentar seperti itu. Selama ini aku jarang menghapus komentar spam, karena menurutku komentar-komentar itu tidak terlalu membuatku terganggu. Lagipula, WordPress sepertinya memiliki kemampuan untuk menghapus sendiri komentar spam yang tersangkut saat aku menyimpannya terlalu lama, jadi aku sama sekali tak memiliki pikiran bahwa komentar spam itu dapat seberbahaya ini.

Kedua, aku memverifikasi blog-ku dengan fitur Webmaster Tools yang ada di Google. Setelah menelisik berbagai macam cara untuk memperbaiki blog-ku, aku mendapat saran dari Google untuk memverifikasi blog agar Google dapat membantu blog-ku terhindar dari serangan virus semacam ini. Tapi, pada awalnya aku benar-benar tidak tahu apa itu ‘memverifikasi blog‘ dan bagaimana cara melakukan hal itu. Setelah memberikan URL blog-ku di Webmaster Tools, aku diberikan sebuah meta tag–istilah yang baru pertama kali aku temui–untuk di ‘masukkan’ ke dalam blog. Terus, aku langsung mikir: gimana cara masukinnya? Aku kan bego banget soal beginian. Selama nyaris 3 tahun menjalani dunia per-blog-an, aku enggak pernah ketemu hal-hal semacam ini. Jadi lumrah dong kalau dengan begonya aku berpikir kalau meta tag itu dijadian sebuah posting-an di blog b(–3–)d. Tapi, setelah berkali-kali melakukan verifikasi blog, dan gagal, aku mulai curiga kalau cara mem-posting itu meta tag itu salah. Hingga pada akhirnya aku bertanya pada Google bagaimana cara menverifikasi blog itu, dan ternyatanya… caranya sangat mudah-dah-dah-dah!

Cara menverifikasi blog WordPress di Webmaster Tools:

  1. Buka fitur Webmaster Tools. Kalian bisa cari di Google untuk mempercepat pencarian fitur tersebut jika kalian bingung.
  2. Setelah masuk. Kalian bakal diminta memasukan URL blog, dan masukkan saja! 😉
  3. Kemudian, kalian akan menerima meta tag dari Webmaster Tools. Nah, sampai sini, jangan bingung, jangan panik! Aku bakal bantu caranya.
  4. Log in blog WordPress kalian di tab baru. Dan ikuti runutan setelah ini (karena blog-ku dalam bahasa Indonesia, jadi aku pake bahasa Indonesia ya).
  5. Pergi ke dasbor — lanjut ke perkakas — buka perkakas yang tersedia — Tarraaa! Kalian menemukan tempat memasukan meta tag! Memasukkan Meta Tag
  6. Setelah memasukan meta tag dan memencet tombol ‘Simpan Perubahan’, kembali lah ke tab Webmaster Tools yang sempat kalian tinggalkan tadi. Lalu, klik tombol merah bertuliskan ‘VERIFIKASI’.
  7. SELAMAT! Blog WordPress Anda berhasil di verifikasi oleh Google!

Nah, ngomong-ngomong, Dict, apa untungnya memverifikasi blog sih? Well, yang pasti kalian akan terhindar dari apa yang baru saja terjadi pada blog-ku! Google akan memperingati dan melindungi blog kalian dari serangan virus-virus jahat sehingga pembaca aman membaca blog kalian.

Terakhir, setelah memverifikasi blog, yang aku lakukan sisanya adalah menunggu. Yup! Ternyata, Google tak langsung mengembalikan blog-ku ter-cintah kepada keadaan semula. Kemarin malam aku sempat stres dan berpikir kalau memverifikasi blog tidak cukup, sampai akhirnya malam sangat larut dan aku pasrah. Kalau misalnya blog ini enggak bisa kembali, aku bakalan berhenti nge-blog atau aku bikin blog baru. Opsi pertama cukup kuat, mengingat jika aku memaksakan diri untuk ngebangun blog baru, aku pasti bakal ngerasa beda dan takutnya bikin aku enggak semangat nulis karena masih kepikiran blog yang lama. Tapi syukurlah, setelah pulang sekolah hari ini aku kembali mengecek blog-ku dan aku tak menemukan peralihkan laman itu! \(ToT)/ Blog-ku sembuh! Aku sampai memekik saking senangnya! Enggak pernah ngerasa sebahagia ini selama menjalani dunia per-blog-an.

Akhir kata, terima kasih sudah bersedia menyimak penjelasan ini. Semoga kalian terbantu dan buru-buru ngacir untuk memverifikasi blog WordPress kalian ya. Setidaknya untuk berjaga-jaga, ‘mencegah lebih baik dari pada mengobati’ kan? 🙂 Kemudian, aku bakal comeback soon! Udah setengah bulan ini aku enggak posting apa pun di blog ini, dan ada rasa rindu ingin menyapa kalian dengan tulisan-tulsian fiksiku dan non-fiksiku (maksudnya curcolan). Doakan ya, agar aku nulisnya lebih lancar lagi. Hihihihi.

Dadah! See you soon! *melambai* *tebarin bunga Mawar*

28 pemikiran pada “[Coretan Dicta] BLOG SAYA SUDAH AMAN! KEMBALILAH BERKUNJUNG!

      1. seungwon tampan selalu

        halah biasanya juga kepo wkwkwkkw

        aku berhenti nulis dik, paling sesekali ikut lomba ff doang tapi tetep aja ffnya bukan buat di publikasikan hhe

      2. Tapi ini kan masalah sensitipppp! Saya kadang segan mau ngepoin orang kek gitu –3–
        Duh, beneran berhenti nih?Ciyus berhenti? CIYUS?! T___T jangan lah. Ngeblog aja lagi. *eaak, bilangnya segan, ternyata keponya kumat lagi*

      3. seungwon tampan selalu

        hahaha saya mah gak pernah sensitip, kalau pun sensitip paling cuman asbak yang ngelayang wkwkwkwk

        terlalu banyak alasan yang membuatku berhenti ngeblog dikt atau mungkin lebih tepatnya saya sendiri yang mencari-cari alasan #plak

        yah pokonya begitulah. tapi meskipun berhenti aku tetep blogwalking kok, aku juga dah follow blogmu jadi masih bisa komen2 hohoho

      4. 😦 *tarik napas dalam-dalam* Yah…. saya enggak bakal tanya alasannya. Kakak juga pastinya sudah mikirin mateng-mateng keputusan itu kan 🙂 Jadi itu pasti yang terbaik.

        Masih sedih sih, enggak bisa bacotan dan kenarsisan Kakak di setiap FF yang Kakak buat. Soalnya FF kakak itu jujur isi hati fanboy yang selalu berharap bisa kawin sama biasnya. Haahahaha *digampar*

        Kwkwkw, makasih ya sudah follow blog saya, padahal isinya juga enggak bagus-bagus amat. 😄 Setidaknya senang kakak masih mau berkunjung ke blog saya *sungkem*

    1. seungwon tampan selalu

      kata siapa saya berharap kawin ama bias. yang ada juga yoona yang ngebet pengen di kawinin seungwon, secara seungwon adalah pemuda rupawan yang cetar badai membahana secikijing wkwkwkw

      *nyepam komen ah :p

      1. *NGAKAK* Ya ampun, bisa nangis darah itu fanboy2 yang lain kalau tahu Yoona naksir situ (atau mungkin malahan ada yang bunuh diri, Hahahaha)
        *nyepam aja sepuasnya, saya kasih izin kok*

Tinggalkan Balasan

