[Resensi Buku] Siwon Six

Siwon Six buku kumpulan cerpen

Judul : Siwon Six

Penulis: Annis DR, Cholida Rizkina, Gina Gabrielle, Kanya Stira, Riesty Aqmarina, Cira Cla

Penerbit: Plot Point Publishing

Tahun Terbit: Maret, 2013

Tebal: 119 halaman

Rate: 3,5 /5 bintang

“Ini kisah mereka. Nasib seorang bayang-bayang bintang besar, jiwa yang terjebak dalam tubuh yang salah, beban identitas yang tak diinginkan, obsesi akan kekayaan, kesalahpahaman fatal, dan rasa kehilangan yang menuntun seseorang melintas batas negara berbekal bongkah-bongkah roti Gyeongju.”

Akhirnya! Punya waktu juga untuk menuntaskan kumcer ini. Hahaha, maafkan buku-bukuku tercinta, baru sempat memanjakan kalian sekarang (#plak Please deh,Dict! Gak usah banyak mulut! langsung aja ke resensinya!).

Well, secara garis besar, Siwon Six adalah kumpulan cerpen yang terdiri dari 6 cerpen yang ditulis oleh 6 penulis berbeda yang masing-masing dari mereka menceritakan 6 sosok lain dari Choi Siwon (salah satu personel boyband Super Junior). Dengan kata lain, kumcer ini mengambil tema mitos ‘Di dunia ini ada 7 orang yang setidaknya memiliki wajah yang sama’ dan keenam penulis ini ingin menceritakan keenam ‘siwon’ lain yang ada di dunia.

Aku enggak bakalan menceritakan isi masing-masing dari cerpen yang ada karena aku yakin bakalan enggak seru. Tapi yang jelas, masing-masing cari cerita benar-benar menunjukkan hidup yang sangat bertolak belakang dengan keadaan Siwon yang sesungguhnya.

Poin-poin keren dari buku ini adalah tema yang penulis hadirkan di sini sungguh jarang, bahkan aku pribadi baru pertama kali membaca cerpen yang menghadirkan kehidupan seseorang yang mirip dengan artis terkenal. Kehidupan yang benar-benar bertolak belakang. Dan cara mereka mengemasnya pun benar-benar epic dan fantastic!

Spoiler dikit deh, kalian bakal bertemu seorang pria yang bekerja menjadi doppelganger dan merasakan sebagian diri dari sosok Siwon sebenarnya; kemudian seorang wanita  yang  cintanya tertepuk sebelah tangan dan terjebak di sosok yang tak diinginkannya; seorang pria yang bingung dengan jati dirinya dan selalu merasa berada di dalam kotak yang salah; seorang supir yang memiliki mimpi setinggi awang-awang; empat orang sahabat yang disandra oleh penjahat ganteng; dan yang terakhir adalah pemilik toko roti yang hidup dalam pencarian si buah hati.

Ah, masing-masing cerita benar-benar menunjukkan sosok yang sangat berbeda dari Siwon yang sebenarnya!

Namun di samping ceritanya yang epic, ada beberapa hal yang menurutku kurang dalam buku ini. Yaitu, nyaris seluruh cerita yang ditawarkan di buku ini terkesan gloomy dan sedih. Ada dua cerita yang berakhir tragis (dan berdarah-darah), dan sisanya ada yang sedih, kemudian patah hati, lalu realitas yang menyakitkan; satu cerita ada yang berakhir dengan ceria, dan cukup membuatku menarik bibir ke atas setelah bergidik dan terharu dengan cerita-cerita sebelumnya. Namun, komposisi cerita seperti itu membuat perasaanku sebagai pembaca tak cukup merasa terombang-ambing jadi ya… ermmmh, flat aja. Hehehe.

Selain komposisi ceritanya, aku juga merasa kecewa dengan penjilidan buku yang kurang baik dari penerbit. Menurutku, tidak ada masalah dengan bentuk cover-nya meski sedikit kurang mengundang, yang menjadi masalahnya adalah kebiasaanku untuk menilik dan membandingkan jilidan setiap buku yang ingin aku beli dengan buku-buku yang sama. Sebelum membeli buku, aku selalu memastikan buku yang aku beli tak bercacat, tidak ada sobekan, tidak ada goresan, tidak ada ujung yang terlipat barang seinci pun dan sebaganya-dan sebagainya karena aku sangat menghargai buku-bukuku.

Dan saat aku melakukan itu pada tumpukan buku Siwon Six, aku memerlukan waktu yang lebih lama untuk memilih karena banyak sekali jilidan yang miring dan tidak rapi! Okay, anggap saja aku lebay, tapi sebagai pembeli kadang kita menginginkan sesuatu yang sesempurna mungkin kan? Pasti enggak ada yang mau membeli buku yang berpenampilan ‘kurang’ karena kita bakal ngerasa rugi. Kadang pembaca pun melihat cover dulu baru mau baca sinopsisnya. Hehehe.

Lalu, selain jilidan cover-nya, ternyata ada beberapa halamanan buku ini yang tertempel satu sama lain, hingga akhirnya aku harus merelakan ujung beberapa halaman itu tersobek tidak rapi (aku lupa ada benda bernama gunting di dunnia ini) karena aku sangat ingin menyelesaikan buku itu. Hiks, tidaaaaak! *nangis guling-guling*

Jadi akhir kata, 3,5 bintang untuk buku ini. Minus 1 bintang karena penjilidan bukunya yang kurang rapi (well, aku cukup keras untuk point penerbit ini) dan 0,5 untuk komposisi ceritanya. Buku ini benar-benar sangat cocok untuk kalian yang sudah bosen dengan fantiction-fanfiction korea dan kalian yang ingin membaca tulisan-tulisan yang berbeda dari biasanya. Ayo! Beli segera!

Iklan

4 thoughts on “[Resensi Buku] Siwon Six

    1. Wa-wa-waah…. *canggung* *bingung mau ngapain*
      Duh, ermmmh, makasih ya kak sudah bersedia mampir. Padahal resensi saya ini cetek banget, gak ada apa-apanya 😦 Tapi senang ternyata kakak suka. Sama-sama kak, Terima kasih juga sudah menciptakan karya yang epic seperti ini! 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s