[Resensi Buku] Mitos dan Fakta Kesehatan – Erikar Lebang

PIC_13-12-27_14-52-27

Judul                     : Mitos dan Fakta Kesehatan

Penulis                 : Erikar Lebang

Penerbit              : Penerbit Buku KOMPAS

Tahun terbit       : Juni, 2012

Tebal                     : 198 halaman

Rate                       : 5/5

Harga                    : –

“Manusia tidak ditakdirkan untuk hidup dalam kelaparan mau pun kekenyangan bekepanjangan, ia harus hidup dengan asupan makanan yang cukup untuk membuatnya mampu hidup sejahtera.” –Erikar Lebang,  Mitos dan Fakta Kesehatan, hal 75

 

Sebenarnya  ini bukan buku pertama yang aku baca dari Mas Erikar Lebang, sebelumnya aku sudah baca Food Combining itu Gampang  dan Mitos dan Fakta Olahraga dan Yoga. Tapi dari semua buku Mas Erikar yang udah aku baca, aku memilih buku ini karena lebih mudah diresensi (berhubung ini resensi buku non-fiksi pertamaku) dan lebih awam untuk dibaca segala kalangan.

Buku ini berisi tentang kumpulan kultwit dari sang penulis yang disiarkan dan disebarluaskan oleh beliau di akun twitternya @erikarlebang. Kultwit beliau dibagi dalam lima bab “kibulan” yaitu kibulan pencernaan, kibulan makanan, kibulan sayur dan buah, kibulan air, dan kibulan susu. Masing-masing bab menjelaskan banyak sekali fakta serta jawaban dari mitos-mitos kesehatan yang bersangkutan dengan kelima kibulan tersebut.

Kebanyakan kibulan dari Mas Erikar emang sangat kontroversial dan bertentangan dengan pemikiran konvesional kebanyakan. Makanya Mas Erikar menyebutnya kibulan biar yang baca menanggapi dengan santai. “Suka Syukur, gak suka silakan unfoll” kata-kata tersebut yang kerap sekali Mas Erikar keluarkan saat selesai berkibul ria di Twitter (coba cek sendiri di twitternya kalau gak percaya XD).

Salah satu kibulan Mas Erikar yang paling kontroversial adalah kibulan tentang susu. Mas Erikar kentara sekali memerangi pemberian produk susu bagi anak sebagai minuman utama dan memerangi susu sebagai indikasi kesehatan seseorang.

“Somehow some people are insane enough dalam ‘menempatkan’ susu sapi dalam bentuk susu formula, terutama sebagai asupan utama.” –  hal 158

Semua kibulan Mas Erikar dikemas dengan bahasa santai nan asyik khas anak gaul sehingga gak terkesan diceramahi dan di nasihati dalam buku ini. Dan sebagai follower setianya selama 6 bulan belakangan ini, aku pun terkibuli seratus persen sama kibulan Mas Erikar Lebang. Hahaha. Semua Mitos dan Fakta dalam buku ini benar-benar terbukti dan menurut aku sangat bisa dipercaya, karena aku mengaplikasikannya sendiri dalam kehidupanku.

Dimulai dari jeniper (jeruk nipis peres) di pagi hari, kemudian sarapan buah, lalu menium air putih tanpa substansi lain (sudah enam bulan aku lupa rasanya teh, aku cuman minum air putih!), banyak makan sayur mentah, mengurangi asupan protein hewani, dan semuanya! Dan kini aku merasakan sendiri dampak positifnya di hidupku. Well, aku tak akan menceritakan lebih lanjut bagaimana Food Combining telah mengubah hidupku, karena aku akan menceritakannya di lain kesempatan buat kalian. Ceritanya panjang soalnya! XD

Intinya buku ini sangat cocok bagi kalian yang mulai merasa kualitas hidupnya menurun, terutama yang suka pusing, flu, batuk, kurang fit, asam lambung tinggi dan lain-lain. Biar kalian gak salah kaprah menyalahkan sumber penyakit kalian. Karena sumber permasalahan yang kalian alami itu ternyata sesederhana apa yang masuk ke mulut kalian!

So, bintang 5 ya untuk buku ini. Bintang sempurna ini kudedikasikan untuk ilmunya, karena hanya dengan kicauan twitter-nya Mas Erikar telah mengubah hidupku. *sungkem*

Iklan

4 thoughts on “[Resensi Buku] Mitos dan Fakta Kesehatan – Erikar Lebang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s