[Coretan Dicta] Confession

Aku menulis sudah sejak lama, tapi selama aku menulis, aku bahkan nyaris tidak tahu apa tujuanku melakukan hal ini. Dulu aku berharap untuk menjadi seorang penulis, menulis novel bukan hanya sekadar impian, tapi juga obsesi. Tapi seiring berjalanannya waktu, keinginanku itu pun pudar dan aku menulis hanya sekedar hobi dan menikmati ketenaran singkat di dunia [...]

[Coretan Dicta] Berkah Bulan Ramadhan-ku Tahun Ini

Gak kerasa besok udah lebaran aja. Udah sebulan teman-teman yang beragama muslim menjalani bulan Ramadhan yang suci ini dengan jiwa, dan seperti biasa, aku juga punya kisah tersendiri di bulan Ramadhan ini. Beberapa tahun ini aku punya beberapa pengalaman unik yang terjadi saat bulan Ramadhan. Pengalaman itu mengubah hidupku seluruhnya dan membantuku untuk memandang hidup [...]

Peringatan Bagi Adik-Adik Kelas XII SMA!

Selamat datang untuk adik-adik kelas XII SMA yang baru saja naik. Aku yakin kalian pasti sedang dalam masa-masa gembira karena akhirnya menyandang status sebagai penjajah di sekolah kalian. Hahaha, I know that feel, Bro. Rasanya kayak lepas dari kurungan, kita jadi bisa melakukan apa saja karena kakak-kakak kelas sudah ditendang keluar dari SMA kalian. Tapi [...]

[Coretan Dicta] Memulai Sebuah Perjalanan

Banyak orang yang tidak ingin memulai sebuah perjalanan dengan berbagai alasan. Kebanyakan alasan mereka berkisar tentang: ‘aku sudah nyaman berada di sini’, ‘untuk apa pergi ke tempat yang penuh risiko’, ‘aku masih punya pekerjaan yang harus kuselesaikan’, ‘aku tidak punya waktu, ‘aku malas’, dan ‘aku takut’. Hingga pada akhirnya, orang-orang tersebut terkurung dalam zona aman [...]

[Coretan Dicta] Tentang Hidupku Setelah SBMPTN 2014

Hasil SBMPTN udah keluar dan aku ternyata #BEJO belum lulus masuk ITB. Bahahahahak. Mari sini, temenin aku ketawa. Hibur aku yang merana karena sukses bikin Mama pusing tujuh keliling dengan nasipku, sementara aku sendiri malah asyik-asyikan kebanyol sama kalian di sini. Well, untuk apa sedih sih? #akurapopo sedih itu untuk mereka yang belum siap menerima [...]

[Coretan Dicta] Memalukan: Menulis Tentang Cinta tapi Tidak Pernah Jatuh Cinta

Syalalala, jam berapa sekarang? Malam sekali ya. Anyway, aku sedang suntuk menunggu pengumuman SBMPTN. Aku sudah bosan baca manga online dan on di media sosial juga sama membosankannya. Jadi, aku memutuskan untuk menulis coretan lagi tentang hal-hal random. Dan hal random itu sekarang adalah tentang: cinta. Sebagai penulis yang mengenal dunia literature dari novel-novel remaja [...]

[Coretan Dicta] Menunggu dengan Gusar

Aku mungkin sudah lelah berdoa. Bukan, bukan karena aku ngambek sama Tuhan atau apa, tapi karena aku sudah terlalu banyak berdoa hingga merasa diri konyol jika harus mengulang doa yang sama berkali-kali. Toh, Tuhan tidak tuli pun bukannya tak peduli dengan doa-doaku, Tuhan hanya menjawab jika waktunya sudah tiba. Jadi, yang bisa kulakukan sekarang hanyalah [...]

Robotic Guy

Mulutku terjahit. Rasanya tidak sakit, hanya saja hal itu membuatku tak dapat berbicara dengan orang lain. Selayaknya orang tunawicara, aku mengerjakan semuanya dalam diam. Aku mendengar perintah dan kukerjakan dalam diam. Aku mendengar tugas dan kukerjakan dalam diam. Kerja dan diam. Diam sambil bekerja.  Talk less do more, itu prinsipku. Aku benci orang-orang yang banyak [...]