Corat-Coret Dicta

OPEN PROMOTION: BEJO Apparel Shop!

Profile Picture2 - Bejo

Akhirnya! Tepat jam 19.00 WIB, tanggal 7 Agustus 2014!

Setelah sekian hari persiapan dan pra-promosi di berbagai media sosial hingga hari ini, online shop-ku yang bertajuk BEJO Apparel Shop ini akhirnya buka juga secara resmi!

Yeppi!

Teman-teman semua di dunia maya, terima kasih sudah bersedia bertandang di post ini dan memberikan perhatian pada usaha yang baru buka ini ya. Maaf, jika online shop ini agak lebay dengan pakai opening promotion segala. Tapi aku hanya ingin berbagai perasaan dengan kalian, agar kalian tahu bahwa tidak ada yang mustahil jika kita mencoba.

Keinginanku untuk membuka sebuah online shop tercetus ketika masa-masa penantian pengumuman SBMPTN. Sepanjang waktu yang berjalan tersebut, aku sudah 80% yakin kalau aku tidak akan lulus dan mencari plan B untuk memulai masa depanku sekarang. Pilihan pertamaku adalah mencari sekolah D-1 bahasa Mandarin, tapi ternyata tidak ada dan akhirnya keinginanku untuk ke move out ke Pulau Jawa tahun ini pun pupus. Kemudian, pilihan keduaku adalah membuka usaha online, tapi waktu itu aku masih buta bisnis online dan aku benar-benar ragu akan hal itu.

Hingga akhirnya hari pengumuman SBMPTN pun tiba dan ternyata aku pun dinyatakan tidak lulus. Aku merasa sedih dan kecewa untuk beberapa saat, tapi akhirnya aku bangkit dan menyadari kalau hal itu adalah sia-sia. Selama beberapa hari aku membuat mama pontang-panting membujuk, memelas, dan menasihatiku tentang masa depan, apa yang bisa kulakukan selama satu tahun ini, dan lain sebagainya. Tapi aku tetap kukuhkan hatiku kalau aku akan mengulang tes SBMPTN tahun depan dan belajar otodidak selama setahun ini tentang bisnis online.

Kuabaikan segala kemurahhatian Mama padaku, dan aku pun mulai riset tentang bisnis online ini. Selama dua hari dua malam aku tidak bergerak dari depan laptop bahkan tidak menginjakkan kaki ke luar rumah bahkan seinci pun. Selama dua hari riset itu aku masuk mendaftarkan diri di FJB Kaskus dan mulai bertanya-tanya di sana, kemudian mendatangi blog-blog online shop untuk mencari tips menjadi seller di sebuah online shop, lalu mulai mengikuti lebih dalam orang-orang yang berjualan di media sosial, hingga tidak bisa tidur ketika mendapati kalau ternyata memerlukan modal yang tidak sedikit untuk membuat domain dan hosting. Sampai akhirnya aku menemukan metode berjualan dropshiper yang tidak membutuhkan modal sepeser pun, meski beruntung kecil ini.

Aku semakin gencar mencari-cari info tentang sistem dropshiper. Pikirku, tidak mengapa untung kecil, asalkan aku ‘memulai sesuatu’ dari sekarang. Aku wara-wiri mencari produsen yang terpercaya, dari buku, gantungan handphone, kosmetik, hingga akhirnya hatiku jatuh pada sebuah pabrik baju yang memiliki sistem dropshiper yang mupuni.

Singkatnya, aku pun mendaftar menjadi dropshiper mereka dan mereka pun melayani serta mengajariku dengan baik dan jelas. Tuhan sepertinya menjodohkan kami, hahaha, admin perusahaan tersebut benar-benar ramah padaku yang terhitung masih amatiran ini. Love them full lah!

Sekitar satu minggu aku pun mulai mencari tajuk untuk online shop-ku serta membuat akun e-mail, Instagram, Twitter, Facebook Page, Blog, hingga OLX.com sebagai sarana untukku mempromosikan online shop-ku kelak, juga membuat logo brand-ku di atas dengan bantuan Kak Azura—sahabat dunia mayaku yang sumpah baik hati banget sampai-sampai bikin aku yakin kalau gak ada dia mungkin aku masih jadi diri aku yang dulu.

Logo BEJO Apparel Shop super kece dari Kak Azura tersebut benar-benar sebagai pengukuh buatku untuk serius dalam menjalani bisnis online ini. Sekali lagi aku ingin berterima kasih kepada Kak Azura karena membantuku membuat logo tersebut dengan suka rela. Tanpa Kak Azura, mungkin online shop ini gak bakal terlaksana, karena logo itu tidak hanya membantu secara fisik tapi juga membantuku secara moril.

Nah, aku sudah punya brand dan tokoku sudah ada, tapi aku belum punya sistem pengelolaan dan manejemen usaha yang baik. Akhirnya aku pun melakukan pra-promosi di berbagai media, dari mulut ke mulut dan menawari keluarga saja. Sambil melakukan hal itu aku pun riset dan mulai membangun sistemnya, bagaimana melayani buyer dan menulis pembukuan serta neraca usaha. Aku melakukan beberapa kesalahan di awal dan aku belajar dari kesalahan-kesalahan itu. Butuh waktu dua minggu hingga semua proses ini berjalan dengan lancar, katalog-katalog baju terpasang dengan apik di blog dan sistemku bekerja dengan baik meski owner online shop ini hanya diriku sendiri. Malam-malam begadang terbayar sudah, mata yang lelah dan pikiran yang tak tenang kini tak lagi kualami. Dan ketika posting ini kalian baca, percayalah, aku sedang tersenyum dan berharap suatu hari nanti kalian pun bisa mengalami pengalaman luar biasa seperti yang kurasakan saat ini.

Online shop ini hanyalah sebuah langkah awal dan di depanku  pasti ada berbagai macam persoalan dan kegagalan-kegagalan yang menancam, tapi ketahuilah, wahai Teman-Teman Pejuang Mimpi, aku tidak takut. Aku akan mengangkat dagu dan menantang semua risiko-risiko itu. Akan kucecap pahitnya hujatan, ejekan dan segala cemooh dari orang-orang yang tidak tahu bagaimana rasanya berjuang, karena mereka hanya diam di dalam zona aman mereka. Sedangkan aku sudah memulai langkahku, meski jalannya terjal dan aku terjatuh ribuan kali, tapi aku berjalan dan akan terus berjalan sampai nanti kugapai mimpi yang kujiwai sepenuh hati.

Akhir kata, aku ingin menyampaikan kenapa aku memilih istilah bejo sebagai nama online shop-ku. Bejo yang berarti untung atau beruntung itu adalah sebuah doa. Dalam satu istilah itu tertuang seluruh harapan dan semangatku dalam kehidupan ini. Istilah itu memang telah banyak dipakai oleh berbagai produk dan terkenal di dunia maya secara keseluruhan, tapi bagi pribadiku sendiri istilah bejo punya aura magis.

Bejo membantuku bangkit dengan meyakini bahwa apa pun posisi kita, entah itu sedang terjatuh atau jaya, kita adalah orang-orang yang beruntung. Bejo mendorong harapanku, untung tak dapat diraih kalau tanpa usaha dari kita sendiri. Bejo menolongku berpasrah diri kepada Tuhan, ketika segala usahaku sudah maksimal maka hanya Tuhan-lah yang menentukan apakah aku bisa mendapatkannya atau tidak melalui keberuntungan.

Semoga BEJO Apparel Shop kelak menjadi berkah bagiku juga bagi kalian yang membeli baju-baju di online shop ini. Karena baju di tempat ini bukan hanya sekedar baju yang mati, setiap potong baju di tempat ini terselip doa-doa serta mimpi yang kugantungkan setinggi langit, dan di mana pun baju dari toko ini berada di sanalah keberuntungan akan selalu ada.

Salam BEJO,

Benedikta Sekar

 Owner of BEJO Apparel Shop

27/7/2014, 02.10 WITA


Di atas itu pidato pembukaannya dan berikut link akun-akun media sosial dari BEJO Apparel Shop-ku.

Blog                       : www.bajubejo.com

Twitter                 : @bajubejo

Instagram            : @bajubejo

Facebook Page : BEJO Apparel Shop

Silakan kunjungi dan follow ya! Aku akan sangat berterima kasih jika kalian ingin membantu untuk sekedar mempromosikan online shop-ku ini di akun-akun media sosial kalian. *peluk hangat*


xOceanSeven Photo Contest 2014 - Express Your Imagination

Bertepatan dengan dibukanya BEJO Apparel Shop yang bekerja sama dengan Ocean Seven T-Shirt Factory. Ocean Seven tengah mengadakan Photo Contest 2014 yang berhadiah uang tunai jutaan rupiah dan kaos gratis! WOW! Mau tunggu apa lagi! Lekas klik gambar dan ketahui ketentuan-ketentuan lomba lebih lanjut!

2 thoughts on “OPEN PROMOTION: BEJO Apparel Shop!”

  1. Wah, selamat memulai usaha, ya, Dict! Salut sama kamu, nggak banyak lho anak muda yang berani memulai usaha, apalagi dengan modal pas-pasan 🙂
    Oya, itu hyperlink ke OLshopnya ada yang kurang, Dict, kurang (.com) nya, pas aku klik nggak bisa dibuka karena link-nya (bajubejo.wordpress) aja

Tinggalkan Balasan

