Jarak Hati

“Bi, ingat ya, jarak London sama Indonesia itu cuman 17 sentimeter.”

“Kalau jarak hati kita gimana?”

“Emang sejak kapan hati kita terpisah?”

Aku tertawa, pun kamu turut tertawa. Bersetatap di depan layar datar seolah-olah ruang dan waktu tak pernah ada; di sini pukul 12 tengah malam dan kamu di sana tengah menikmati makan siang.

“Bi, kalau nanti aku pulang kamu oleh-oleh apa?” Tanyamu lagi sembari menyesap Americano di sampingmu.

Aku merapatkan selimut. “Aku gak mau oleh-oleh.”

“Terus maunya apa?”

“Maunya kamu jangan pergi lagi.”

Seketika itu juga raut wajahmu mengkeruh. Well, tak sepantasnya aku mengungkit perkara ini. Tapi hati yang meradang karena rindu tak mungkin bisa kusangkali.

“Bi, aku gak bisa…”

“Kenapa?”

Kamu menggigit bibir. “Aku… punya mimpi.”

Lagi. Ini semua tentangmu dan mimpimu untuk menerbitkan kata-kata di negeri orang.

“Di sini aja apa gak bisa?”

“Gak bisa, Bi, beda…” lirih kamu berucap, semakin hati ini teriris.

“Ya udah kalau itu mau kamu. Aku mau putus…”

“APA?!” kamu menjerit nyaring, orang-orang di belakangmu menoleh serempak ke arahmu. Wajahmu langsung panik. “ABI! Gak bisa gitu dong! Gak bisa! Aku gak mau putus, aku gak mau! Tolong dong ngertiin aku! Tolong dong pahami aku! Kamu tahu kan dari dulu…”

“SSSSSTTT! STTT! Sarah! Tenang duluuu…. Orang belum selesai ngomong juga.”

“Eh?”

Aku terkekeh, lalu mengeluarkan sesuatu dari balik punggung. Passport.

“Aku mau putusin kalau aku yang bakal pergi nemuin kamu.”

“Ap-apa?”

“Aku dapat beasiswa S2 di London, minggu depan aku udah take off.”

Kamu terdiam, aku nyengir kuda. Kamu mulai menangis, dan aku tertawa bahagia.

Yah, kamu bener, Sayang. Jarak London dan Indonesia hanya 17 senti dan hati kita tak pernah berjarak.

____

Flash Fiction ini ditulis untuk mengikuti program Simulasi Kompetisi Menulis berhadiah 2 tiket PP + voucher menginap di hotel berbintang BALI dari http://t.co/pVsAoCWIYX dan http://t.co/wDODPCz2HD

Tinggalkan Balasan

