[Coretan Dicta] Tentang Bali dan Keluarga Kecil Kami

Halo, Penikmat Kata! Aku datang membawa coretan liburanku ke Bali beberapa hari yang lalu, melepas sejenak rindu pada blog yang sebenarnya sedang hiatus, tapi rupanya aku punya banyak kewajiban dan imajinasi yang harus-kudu ditumpahkan ke dalam kata-kata. Maka, jadilah kisah perjalanan abal-abal ini. Semoga bisa dinikmati ya, aku nyaris gak pernah bikin cerita perjalanan seperti ini.  Oh ya, maaf ya kalau foto-fotonya kualitas jelek, soalnya cuman pakai smartphone doang. Hehehe.

IMG_20150422_080531[1]

Perencanaan liburan ke bali ini tercetus setelah aku memenangkan hadiah tiket gratis dan vocer menginap di hotel berbintang yang disponsori oleh nulisbuku.com dan tiket.com. Tiket gratis itu ada dua, pulang-pergi, dan tentu saja aku mengajak Mama buat ikutan pergi.

Ngajak Mama doang, Dict? Adik lu gimana? Ah, dia ikut dong! Kalau ditinggal bisa pundung dia sama aku, karena dia ikutan, maka dari itu liburan ini direncanakan setelah ujian nasional. Mama bilang liburan kita singkat aja, dua hari doang, karena Mama juga sibuk kerja, aku sibuk persiapan tes masuk PTN, dan adikku sibuk bercumbu dengan… game online-nya. LOL. Gak lah, dia sibuk siap-siap masuk PTN juga. Doakan kami berdua lulus di PTN yang kami inginkan ya!

Menggunakan tiket gratis ini, Mama harus berada satu kota denganku, otomatis dari Muara Teweh dia harus terbang ke Yogyakarta dulu sebelum bisa menggunakan tiket gratis tersebut, yang notabenenya pulang-pergi Yogyakarta-Bali. Sementara adikku akan langsung pergi ke Bali pada tanggal 22 April dengan transit di Surabaya terlebih dahulu.

22-04-15

Setibanya aku dan Mama di Bali, kami berdua pun langsung menunggu pesawat adikku untuk mendarat satu jam lagi. Ketika adikku sudah mendarat dan akhirnya kami bertemu, kami bertiga langsung selfie dong ya.😛

Selfie dulu pake hape baru adek, Kamfret, kamera depannya bagus banget!
Selfie dulu pake hape baru adek, Kamfret, kamera depannya bagus banget!

Sesudah itu, kami pun dijemput sama supir yang Mama sewa menuju hotel Grand Mega Resort & Spa buat check in. Hotelnya keren bingit gila, tapi karena satu kamar hanya boleh diisi dua orang saja, maka Mama harus bayar satu kamar lagi buat adikku.

Setelah check in  dan taruh barang-barang, kami semua pun keluar dari hotel lagi dan pergi menuju sentral oleh-oleh paling terkenal di Bali, yaitu Krisna. Di sini kalian bisa beli oleh-oleh lengkap dari Bali, mulai dari jajanan makanan, kaos, kain, baju, tas, topi, dan lain-lain. Aku beli oleh-oleh untuk teman-teman kosku di sini dan beli satu topi rajutan keren berwarna ungu—matching dengan cardigan-ku sih ya.😀

Kresna. Karena gak punya lensa yang bisa bikin gambar luas otomatis aku foto bagian kecilnya dari Toko ini ya. LOL XD
Kresna. Karena gak punya lensa yang bisa bikin gambar luas otomatis aku foto bagian kecilnya dari Toko ini ya. LOL😄
Meet my new hat!
Meet my new hat!

Setelah dari  Krisna, kami semua cari tempat makan dan menu pilihan kami adalah ayam betutu. Well, aku kira ayam betutu goreng itu beda dari ayam-ayam goreng kebanyakan, tapi ternyata sama aja sih rasa dan bumbunya, yang membedakan hanya sayur pelengkapnya dan lain-lain. Harusnya kami pesan ayam betutu rebus kalau mau beda, hahaha, tapi kami semua gak minat yang rebus-rebusan.

LOL. Udah habis separuh, baru ingat harus difoto.
LOL. Udah habis separuh, baru ingat harus difoto.

Sudah kenyang;  beres beli oleh-oleh. Waktunya jalan-jalan! Sudah pukul 14.00 WITA saat mobil sewaan kami meluncur menunju Pantai Pandawa. Sepanjang jalan aku memperhatikan kalau Bali adalah pulau yang punya ciri khas yang sangat kuat dan kental. Sejauh mata memandang, di mana pun kalian berada, kalian akan tetap merasakan kalau Bali tetaplah Bali. Bukan Bali yang terasa seperti kota megapolitan atau Bali yang terasa seperti Hawaii atau Bali yang terasa seperti kota lain di muka bumi ini. Bali tetaplah Bali, dan aku sangat menyukai kenyataan itu.

Kira-kira perlu waktu setengah jam untuk sampai di Pantai Pandawa dari Denpasar dan ketika tiba di sana, permadani biru yang indah langsung menyambut mata kami semua di balik tebing-tebing kapur yang curam.

Me and Mom :D
Me and Mom😀
The best picture of that day. Aku sama adikku kelihatan unyu-unyu! LOL XD
The best picture of that day. Aku sama adikku kelihatan unyu-unyu! LOL😄

IMG_20150422_181042[1]

Pantai Pandawa dari atas
Pantai Pandawa dari atas

Lepas dari Pantai Pandawa, kami pun kembali pulang ke hotel karena Mama dan aku masih kena jet lag. Gak sempat lihat sunset, lantaran pantai penuh sesak dengan orang dan kami jadi malas ngapa-ngapain. Lalu, setiba di hotel, mandi, dan istirahat sejenak, pukul 18.00 WITA kami semua pun pergi untuk makan seafood di restoran dekat pantai.

Sayang, setiba di sana hujan rintik-rintik turun, padahal siang tadi cuaca sangat cerah. Alhasil, kami pun makan di dalam restoran, padahal rencananya mau makan di pinggir pantai sambil menghirup udara laut. Oh ya, hal paling konyol terjadi di tempat ini. Aku dan adikku mengira, makan di restoran seafood ini sama dengan makan di restoran lain—pesan menu yang kamu inginkan satu-satu—ternyata tidak, di sini kita pesan menu dengan paket dan paket yang ditawarkan harganya… ah, lebih baik kalian gak tahu (meringis sambil ngibasin tangan ke udara), yang jelas sih ya, Mama sudah tahu harga menunya sefantastis itu dan pengen lihat muka anak-anaknya yang kaget dengan harganya yang gila-gila itu. Aku sama adikku bener-bener syok sampai memandang Mama dengan rasa sedikit bersalah, tapi Mama cuman nyengir dan bilang, “Kan buat anak-anak Mama juga.”

Awwh… Mom… Aku janji bakal ajak Mama liburan lebih dari ke Bali dan bayar seluruh biayanya. Ini janji seumur hidup.

Ini dia penampakan makanan mahal itu XD
Ini dia penampakan makanan mahal itu😄

Setelah makan, kami pun ngadem-ngadem sebentar di pinggir pantai, lalu pulang ke hotel dan menikmati enaknya hotel berbintang itu untuk semalam.

23-04-15

Esok harinya, kami berencana untuk pergi jalan-jalan seharian. Setelah sarapan dan check out dari hotel Grand Mega Resort & Spa lantaran vocer menginapnya telah habis, kami pun pergi check in ke hotel Ratna yang harganya lebih bersahabat. Hahaha. Lumayan lah buat ganti uang makan sea food semalam. Setelah menaruh barang, kami pun langsung pergi menuju lokasi wisata.

Rugi mah kalau gak selfie di hotel mahal XD
Rugi mah kalau gak selfie di hotel mahal😄

IMG_20150423_074331[1]

Aku sih bilang ke Mama kalau aku malas pergi ke pantai terus. Maka, jadilah kami pergi berwisata menuju daerah gunung, yaitu Pura Terita Empul, Tampaksiring. Di sini ada sumber mata air yang disucikan oleh masyarakat Bali. Banyak orang juga yang katanya kalau punya banyak masalah dan mandi di sini, masalahnya bisa cepat kelar. Tempat ini sungguh sarat dengan budaya Bali. Banyak tempat yang dilarang untuk dimasuki karena khusus digunakan untuk berdoa.

Sesajen atau persembahan
Sesajen atau persembahan
Sumber mata air. Gila mah, jernih banget!
Sumber mata air. Gila mah, jernih banget!
Another selfie LOL
Another selfie LOL
Kolam ikan. Dih, ini ikan-ikannya gede banget!
Kolam ikan. Dih, ini ikan-ikannya gede banget!

20150423_113651[1]

Setelah dari Tampaksiring, aku dan keluarga pergi ke tanah lot. Mama bilang dari kemarin kepengen ke sini. Perjalanan dari Tampaksiring ke Tanah Lot memang panjang, tapi setimpal dengan pemandangan yang kami lihat. Tempat ini bener-bener keren! Sumpah deh ya. Luar biasa banget ciptaan Tuhan yang satu ini. FYI aja, saking kerennya tempat ini, sampai-sampai banyak pasangan yang ambil foto pre-wed di sini. Dan pas aku datang kemarin, ada tiga pasangan yang ambil setting di tempat ini. LOL😄

20150423_163627[1]
IMG_20150423_160816[1]

Tanah Lot. Maaf ya, kamera hapenya elek XD
Tanah Lot. Maaf ya, kamera hapenya elek XD\
Ini foto berdarah banget ngambilnya :(
Ini foto berdarah banget ngambilnya😦

Selesai dari Tanah Lot, jari udah malam pas sampai di Denpasar. Otomatis kami cari makan dan kemudian kembali ke hotel. Malam itu kami tidur dengan perasaan puas dan senang, sedikit sedih karena besok paginya kami harus check out dan kembali pulang ke Jogja. Tapi malam itu aku berjanji pada diriku sendiri kalau aku akan mengajak Mama pergi jalan-jalan lebih dari ini.

Tiket gratis dan Mama yang juga gratis di kasih Tuhan :D Thank you God.
Tiket gratis dan Mama yang juga gratis di kasih Tuhan😀 Thank you God.
Kemarin gak sengaja milih baju kembaran. LOL, pertanda banget kami ini saudara sehati. Hahahal.
Kemarin gak sengaja milih baju kembaran. LOL, pertanda banget kami ini saudara sehati. Hahahal.

Akhir kata, terima kasih Nulis Buku dan Tiket.com untuk hadiah luar biasanya ini. Ini hadiah yang sangat berarti buatku karena akhirnya keluarga kecil kami ini bisa punya waktu untuk berkumpul bersama setelah menahun terpisah. Asal kalian tahu saja, aku, adikku, dan Mama adalah satu keluarga yang secara de facto tinggal di tempat yang berbeda-beda. Aku sendiri sekarang sedang bersiap masuk kuliah di Yogyakarta, adikku masih di Banjarbaru sementara menunggu kuliah, sedangkan Mama tinggal di kampung kami Muara Teweh. Kami sekeluarga jarang sekali bisa berkumpul bersama dan kesempatan liburan yang aku menangkan ini benar-benar hal yang sangat berharga untukku.

Terima kasih sekali lagi Nulis Buku dan Tiket.com, mungkin bagi kalian ini hanyalah sekadar lomba, tapi bagiku penghargaan ini lebih dari itu. Kalian tidak hanya memberiku hadiah tiket serta vocer menginap gratis, kalian juga memberiku salah satu momen paling membahagiakan dalam hidupku, yaitu…

Bersama keluarga.

Di sinilah duniaku berawal dan kelak nanti berakhir. Keluarga.
Di sinilah duniaku berawal dan kelak nanti berakhir. Keluarga.
Kalian bisa lihat Papa-ku gak? Gak bisa ya? Hehehe, padahal Papa selalu ada di sampingku pada setiap foto :)
Kalian bisa lihat Papa-ku gak? Gak bisa ya? Hehehe, padahal Papa selalu ada di sampingku pada setiap foto🙂

4 pemikiran pada “[Coretan Dicta] Tentang Bali dan Keluarga Kecil Kami

  1. vio

    Wiiiiiiiiiiw cihuy banget kak! Seru banget trip-nya apalagi sama mama dan adiknya ya. Jadi kangen ibu sama adik juga :”)
    Ngiler lihat makanannyaaaa. . pemandangannya juga! Yeay, congratulation kak xD
    Sukses buat sbm-nya yaaa! Lafyaaa!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s