[Obrolan Bareng Om Patjar] Pt. 1 : Creating Happiness is Bullshit

Some sun andvitamin sea

 

(Pasca ngobrol ngalur ngidul)

Dicta                      : Aku pengen bikin kamu lebih bahagia lagi. Hmmm…

Om Patjar            : Jangan. Kamu gak usah bikin aku lebih bahagia lagi. Aku udah bahagia maksimum ini. Lagian kebahagiaan bukan segalanya. Ada lebih dari 100 ribu anak-anak yang meninggal tiap hari karena gak punya makanan untuk dimakan, minuman untuk diminum, dan obat-obatan. Aku gak butuh kebahagiaan setiap hari. Kebahagiaan itu sesuatu yang spesial. Kayak kamulah, aku gak mungkin dapatin kamu di mana aja. Gak mungkin dapatin cinta juga dari semua orang dan setiap waktu. Jadi, jangan, itu spesial. Kebahagian juga spesial.

Dicta                      : (diam sebentar, mikir kenapa ada orang yang gak perlu kebahagiaan setiap hari) Ya, bener sih, kebahagiaan itu spesial. Setuju aja sama kamu.

Om Patjar            : Kamu bikin aku bahagia setiap hari, itu bener. Tapi aku juga gak akan lupa kalau dunia ini dalam keadaan gak baik dan kita ada untuk menolong. Kita perlu cinta sebagai tenaga untuk menolong orang lain.

(Diam lagi, mikir lagi)

Om Patjar            : Dicta, kamu gak papa? Kamu sedih? Aku bisa loh ngerasain kamu kalau jadi aneh…

Dicta                      : Hahaha, gak, gak papa. Aku baik-baik aja kok.

Om Patjar            : Hmmmm…

Dicta                      : Aku cuman lagi mikir soal sesuatu.

Om Patjar            : Iya, please, kalau kamu mau, kamu bisa bilang. Tapi kalau kamu simpan sendiri juga gak papa. Aku respect kok, aku gak maksa kamu atau berusaha memanipulasi kamu.

Dicta                      : Bukan masalah besar sih. Cuman, pas kamu bilang kebahagiaan itu sesuatu yang spesial, aku jadi mikir “Creating happiness is bullshit” gitu. Membuat kebahagiaan itu kayak ada dua arti. Artinya kamu mencoba untuk mengabaikan kesedihan dan hal-hal buru atau artinya kamu mau bikin sebuah tempat yang lebih baik dan membawa kebahagiaan. Well, ya gitu, terus aku jadi mikir. Kenapa orang-orang lebih fokus untuk menciptakan kebahagiaannya sendiri, dan lupa untuk memberi orang lain kebahagiaan.

Om Patjar            : Ya, iya… yah, mungkin kebanyakan orang punya banyak masalah atau kekahwatiran, atau hidupnya berantakan, atau capek aja. Jadi mereka gak bisa mikirin banyak hal tentang orang lain.

Kebahagiaan itu sebuah perasaan. Kamu gak bisa ngendalikan perasaan. Kamu bisa aja mencoba segalanya agar bisa menjadi bahagia besok. Lalu sesuatu terjadi dan kamu gak mengira itu akan terjadi lalu kamu akhirnya jadi sedih.

Kamu gak bisa mengendalikan kehidupan.

Kamu gak bisa menjamin kebahagiaan.

Kamu gak bisa melihat masa depan.

Tapi kamu bisa lihat ke dalam hatimu sendiri, dan ketika kamu bisa melihat ke dalam dirimu, kamu bisa lihat hal-hal lainnya.

Dicta                      : (speechless, gak tahu mau ngomong apa.) Yang kayak gini nih yang bikin aku jatuh cinta sama kamu berkali-kali… *ketawa *

 

Hidup memang kadang lucu.

Tinggalkan Balasan

